Head-Up Display System
Head Up Display System adalah
setiap tampilan transparan yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna
untuk melihat dari sudut pandang yang biasa mereka. Asal usul nama berasal dari
pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala "up" dan melihat ke
depan, bukannya miring ke bawah melihat instrumen yang lebih rendah.
HUD dibagi menjadi empat generasi
mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar.
• Generasi Pertama-Gunakan CRT
untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari
lapisan fosfor layar merendahkan dari waktu ke waktu. The majority of HUDs in
operation today are of this type. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah
jenis ini.
• Generasi Kedua-Gunakan sumber
keadaan menyala terang, misalnya LED , yang dimodulasi oleh layar LCD untuk
menampilkan gambar. Sistem ini tidak memudar atau memerlukan tegangan tinggi
sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.
• Generasi Ketiga-Gunakan pandu
gelombang optik untuk menghasilkan gambar secara langsung di Combiner daripada
menggunakan sistem proyeksi.
• Generasi Keempat-Gunakan laser
scanning untuk menampilkan gambar dan bahkan gambar video pada media transparan
yang jelas.
TANGIBLE USER INTERFACE
Tangible User Interface (TUI)
adalah sebuah antarmuka pengguna di mana orang berinteraksi dengan informasi
digital melalui lingkungan fisik. Nama awal Graspable User Interface, yang
tidak lagi digunakan. Salah satu pelopor dalam antarmuka pengguna nyata adalah
Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai
Berwujud Media Group. Pada visi-Nya nyata UIS, disebut Berwujud Bits, adalah
memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung
dimanipulasi dan terlihat. Bit nyata mengejar seamless coupling antara dua
dunia yang sangat berbeda dari bit dan atom.
Contoh pengimplementasian
tangible user interface :
Karakteristik Tangible User
Interface :
1. Representasi fisik digabungkan
untuk mendasari komputasi informasi digital.
2. Representasi fisik mewujudkan
mekanisme kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual
digabungkan untuk secara aktif ditengahi representasi digital.
4. Keadaan fisik terlihat
"mewujudkan aspek kunci dari negara digital dari sebuah sistem.
Computer Vision
Computer Vision (visi komputer)
adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal ini
berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan
untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer
berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari
gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video,
pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis.
Sebagai disiplin teknologi, visi
komputer berusaha untuk menerapkan teori dan model untuk pembangunan sistem
visi komputer.
Contoh aplikasi dari visi
komputer mencakup sistem untuk:
•Pengendalian proses (misalnya,
sebuah robot industri atau kendaraan otonom )
•Mendeteksi peristiwa (misalnya,
untuk pengawasan visual atau orang menghitung)
•Mengorganisir informasi
(misalnya, untuk pengindeksan database foto dan gambar urutan)
•Modeling benda atau lingkungan
(misalnya, inspeksi industri, analisis citra medis atau model topografi)
•Interaksi (misalnya, sebagai
input ke perangkat untuk interaksi manusia komputer
Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan
metode jaringan yang digunakan untuk browsing video atau audio data yang
ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video atau audio metode browsing
mencakupi langkah-langkah sebagai berikut:
• Menjalankan sebuah program
aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam
kamera IP.
• Transmisi untuk mendaftarkan
kode identifikasi ke DDNS (Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.
• Mendapatkan kamera IP pribadi
alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan control kamera
IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi.
• Compile ke layanan server
melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video atau audio data
yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video atau audio
data melalui internet.
Speech Recognation
secara umum, speech recognizer
memproses sinyal suara yang masuk dan menyimpannya dalam bentuk digital. Hasil
proses digitalisasi tersebut kemudian dikonversi dalam bentuk spektrum suara
yang akan dianalisa dengan membandingkan dengan template suara pada template
sistem. Sebelumnya, data suara masukan dipilah-pilah dan diproses satu per satu
berdasarkan urutannya. Pemilahan ini dilakukan agar proses analisis dapat
dilakukan secara paralel.
Proses yang pertama kali
dilakukan adalah memproses gelombang kontinu spektrum suara ke dalam bentuk
diskrit. Langkah berikutnya ialah proses kalkulasi yang dibagi menjadi dua
bagian:
1. Transformasi gelombang diskrit
menjadi array data.
2. Untuk masing-masing elemen
pada array data, hitung “ketinggian” gelombang (frekuensi).
Objek permasalahan yang akan
dibagi adalah masukan berukuran n, berupa data diskrit gelombang suara. Ketika
mengkonversi gelombang suara ke dalam bentuk diskrit, gelombang diperlebar
dengan cara memperinci berdasarkan waktu. Hal ini dilakukan agar proses
algoritma selanjutnya (pencocokan) lebih mudah dilakukan. Namun, efek buruknya
ialah array of array data yang terbentuk akan lebih banyak.
Speech Synthesis
Speech Synthesis (pidato
sintesis) merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Sebuah
sistem komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut synthesizer pidato, dan
dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau perangkat keras . Sebuah
teks-to-speech (TTS) sistem mengkonversi teks ke dalam pidato bahasa normal;
sistem lain membuat representasi linguistik simbolik seperti transkripsi
fonetik pidato. Speech Synthesis dapat dibuat dengan menggabungkan potongan
pidato direkam yang disimpan dalam database. Sistem berbeda dalam ukuran unit
pidato disimpan, sebuah sistem yang menyimpan telepon atau diphones menyediakan
berbagai keluaran terbesar, tapi mungkin kurang jelas. Untuk domain penggunaan
khusus, penyimpanan seluruh kata-kata atau kalimat memungkinkan untuk output
berkualitas tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan sebuah model dari
saluran vokal dan karakteristik suara manusia untuk membuat yang benar-benar
"sintetik" output suara.
Sumber :
http://deluthus.blogspot.com/2010/11/teknologi-yang-terkait-antarmuka.html
http://elmolya.blogspot.com/2010/11/v-behaviorurldefaultvml-o_04.html
Layanan Telematika
1.Layanan Informasi
Definisi Layanan Informasi
adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu
dapat memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan
perkembangannya. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat.
Contoh dari layanan informasi
tersebut adalah sebagai :
•Petunjuk jalan
•M – Commerce
•VOD (Voice and Data)
•News and Weather
•Telematik Terminal
•Jasa Pelayanan Internet
•Informasi Lalu Lintas Terbaru
2.Layanan Keamanan
Layanan keamanan adalah suatu
yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah
terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga membantu untuk mengamankan
jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya. Jika ketika jaringan
berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan
keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk memantau dan memberikan informasi
jika sesuatu berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan.
Contohnya dengan menggunakan
Firewall dan juga anti virus yang ada.
3.Context Awareness & Event
Based
Dalam ilmu komputer terdapat
pernyataan bahwa perangkat komputer mempunyai kepekaan dan dapat bereaksi
terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu
yang tersimpan di dalamnya. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada
tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness merupakan
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan
parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta
memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks
yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi
user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Sebagai contoh : ketika seorang
user sedang mengadakan acara pesta ulang tahunnya, maka context-aware pada
mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang
mengadakan acara ulang tahun dan akan menolak semua panggilan telepon yang
tidak berkaitan dengan acara tersebut. Pada sekarang ini sangat dibutuhkan
suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses
informasi setiap saat user membutuhkannya. Yang disebut context-aware computing
yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting
untuk dikembangkan kedepannya. Dengan adanya context aware, user tidak perlu
selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat komputer
menjalankan tugas-tugasnya. Beberapa bagian dari context awareness telah mulai
dikembangkan. Misalnya LBS: location-based service. Ketika user mencari keyword
tertentu, maka user akan memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada
posisi user itu berada. Ini juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan
informasi yang di inputkan dari user. contoh user tersebut mencari data lokasi
dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
4.Layanan Perbaikan Sumber
(Resource Discovery Service)
Layanan telematika yang terakhir
adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah
layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS
juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan
perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang
melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep
pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk
meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan
untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat
dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu : •Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa
peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
•Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga
menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas
kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1. Pengembangan peningkatan
kapasitas industry.
2. Pengembangan layana publik.
Sasaran utama dalam upaya
pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut : a)Peningkatan kinerja
layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan
masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator
pembangaunan.
b)Literasi masyarakat di bidang
teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today
generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Sumber: Layanan Informasi
Layanan, Keamanan, Context Aware, Event Base, Layanan Perbaikan Sumber,
Discovery Service pada Telematika -
http://kyfi.wordpress.com/2011/10/11/layanan-informasi-layanan-keamanan-layanan-context-aware-event-base-layanan-perbaikan-sumber-resource-discovery-service-pada-telematika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar