...

WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 16 November 2010

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM RIAN FIRMANSYAH 14109552 KELAS 2KA09

Jejaring sosial yang diminati di Indonesia

Jejaring sosial adalah suatu media komunikasi digital atau dalam kata lain media komunikasi dunia dalam maya yang memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan seseorang lainnya dengan jaringan internet.  Jejaring sosial sangat beragam jenis dan bentuknya,di indonesia mungkin (yang saya tau) ada beberapa jenis jejaring sosial tersebut. Disini saya akan membahas beberapa dari banyaknya situs jejaring sosial yang sedang “trend” di negara kita tercinta,yaitu indonesia, check it out ! :
·         FACEBOOK
Siapa yang tidak kenal situs ini ,sebuah layanan sosial yang memudahkan kita berkomunikasi dimana saja,siapa saja,dan kapan saja. Situs yang dibuat oleh seorang mahasiswa harvard yaitu Mark Zuckerberg. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya,sejarah adanya facebook ini bermula dari Mark yang sedang iseng membuat sebuah program “Coursematch” yang memungkinkan mahasiswa lain bisa melihat daftar teman-teman kelas mereka. Akhirnya dengan bantuan teman-temannya dia bisa mengembangkan Facebook,yang bermula hanya digunakan oleh teman-teman kampusnya dan sekarang sudah hampir jutaan orang sudah mulai menggunakan situs ini.Bahkan sampai mantan orang terkaya di dunia saat ini yaitu Bill gates rela membeli 1,6 % saham facebook senilai $240 juta. Di indonesia di taksir pengguna Facebook yang aktif sudah mencapai hampir 7 juta orang dan indonesia menduduki peringkat kedua setelah negara asal ‘social networking’ ini yaitu Amerika serikat dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia.

·         Twitter
Mulai dari didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Pada tahun 2006 Williams dan Biz Stone mendirikan Obvious Corp bersama dengan Odeo mantan karyawan. Sejarah Twitter diciptakan sebagai perusahaan yang terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp Jack Dorsey adalah chief executive officer dari kegugupan sampai Oktober 2008 ketika Williams menjadi CEO dan Dorsey bergeser ke posisi ketua dewan direksi.  Twitter adalah yang paling cepat berkembang mikroblogging gratis software yang memungkinkan anda untuk tetap berhubungan dengan orang melalui cepat, sering jawaban untuk satu pertanyaan: Apa yang kamu lakukan? Bahwa salah satu pertanyaan kecil telah meluncurkan revolusi media. "Tweet" adalah istilah untuk maksimal 140 karakter pesan yang diposting di kegugupan. Untuk tweeting untuk menjadi efektif, hal itu harus dilakukan secara sistematis, dengan posting yang dibuat setiap hari. Untuk rata-rata pemilik bisnis atau eksekutif pemasaran, hal ini dapat sangat tidak praktis karena waktu yang diperlukan. Untungnya, teknologi menyediakan cara untuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat. Di indonesia pengguna twitter jumlahnya sudah hampir setengah dari pengguna Facebook,rata-rata orang memilih menggunakan twitter karena dirasa mudah dan simple menggunakannya.

·         Yahoo! Messenger (YM)
Yahoo! Messenger adalah salah satu produk dari situs Yahoo. Yahoo! Messenger dapat dikatakan sebagai messenger yang paling laku di antara berbagai messenger yang ada. Bagaimana tidak, lihat saja dari feature-feature yang disajikan olehnya. Mulai dari avatar yang dapat mengcustomise character dari ujung rambut-ujung kaki, emoticon/emotion icon yang sangat variatif, animasi dengan adanya suara, pengelompokkan berdasarkan status teman, fasilitas transfer file dengan briefcase 30MB. Bahkan pada versi terbaru ini terdapat fungsi VOIP yang dapat mendukung penggunaan webcam untuk panggilan video dan Yahoo 360 yang menghubungkan penggunanya ke site pencari teman seperti Friendster.

·         Friendster
Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University. Sistem kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster ini, selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya account dengan lebih obyektif. Sayang, 3 tahun terakhir ini pamor friendster di indonesia terus berkurang,sejak kemunculan Facebook,twitter dan situs social networking lain.

·         Plurk 
Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.
Salah satu kelebihan dari Plurk ini adalah kemampuannya untuk menyajikan aktivitas penggunanya berdasarkan jam dan waktu (timeline), sehingga setiap penggunanya dapat menceritakan kegiatan yang sedang ia lakukan saat itu. Pengguna juga dapat melihat aktivitas orang lain berdasarkan timeline tersebut. Setiap pengguna dapat memberikan tanggapan atas postingan dari Plurker lainnya. Dalam komunitas Plurk dikenal sebuah status yang disebut KARMA, yaitu suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya. Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Pluker untuk terus aktif di Plurk. Pengguna Plurk di Indonesia belum terlalu banyak di indonesia. Masih kalah pamor dengan Facebook dan Twitter.


Mungkin itu cuma beberapa situs jejaring social yang saya bahas dalam tulisan kali ini,masih banyak situ-situs lain yang beredar luas di negara kita ini,dengan banyaknya penduduk negara kita memungkinkan industri layanan seperti ini akan makin berkembang pesat. Sekian dan terima kasih J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar